Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semarak Silaturahmi Astra Motor Bali ke TPA Suwung

Hello Semuanya, Semarak Silaturahmi Astra Motor Bali ke TPA Suwung - 13 April 2023 sore berlokasi di sebuah tempat Denpasar selatan setelah di guyur hujan lebat sejak pagi akhirnya menjelang berbuka puasa cuaca bersahabat dan acara berjalan dengan lancar

Acara Silaturahmi Astra Motor Bali ke TPA suwung berlangsung dengan baik, dimana jajaran main dealer honda bersama seluruh karyawan menyerahkan Alkuran dan juga berbuka puasa bersama bersama warga.

TPA Suwung Denpasar Bali

Tempat pembuangan sampah akhir di Bali ini berlokasi di Denpasar Selatan dimana untuk pertama kalinya aku kesini melihat secara langsung dan memang sampah menggunung dimana-mana

silaturahmi astra motor Bali 2023

TPA Suwung ini beroperasi sekitar tahun 1980 an dengan luas area mencapai 32 hektar, kawasan ini mampu menampung sampah hingga 1000 ton perhari.

Meskipun daya tampungnya sangat besar tetapi seiring perkembangan dan juga konsumsi masyarakat meningkat akhirnya TPA suwung juga over kapasitas dan akhirnya di batasi dalam penerimaan sampah

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)

Pemerintah kota Denpasar akhirnya menyiapkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)

Untuk Denpasar ada 3 titik TPST ini tepatnya di Kesiman Kertalangu, Padang Sambian dan Tahura, Fungsi TPST adalah untuk mengolah sampah. 

Adapun jumlah pengolahan sampah yang bisa di lakukan di TPST Denpasar sekitar 450 ton perhari yang mana ini tentu meringankan beban TPA Suwung

Pisah Sampah Dari Rumah Masing Masing

Berkunjung ke TPA Suwung makin menyadarkan pentingnya memilah sampah sejak awal, bagaimana bisa begitu? dengan memisah sampah ini petugas pekerjaan jadi semakin mudah dan sampah yang memerlukan pengolahan lebih lanjut bisa segera di proses

Sehingga tak memerlukan waktu lebih lama untuk memilah lagi, hal ini terkait dengan lingkungan TPA yang sudah sangat full kapasitasnya.

Jenis Sampah Rumah Tangga

Untuk mempermudah kamu apa sih maksud dari memilah sampah ini, aku mau uraikan beberapa sampah rumah tanggal bagaimana ketika di buang itu kamu pisahkan dia penempatannya.

Jenis sampah rumah tangga yang wajib di pilah antara lain

Sampah organik

Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari bahan-bahan organik seperti sisa makanan, daun, ranting, dan lain-lain. 

Sampah organik ini dapat dijadikan pupuk untuk kebun atau tanaman, sehingga disarankan untuk memisahkan sampah organik dari sampah lainnya.

Sampah organik bisa ditempatkan dalam wadah terpisah seperti komposter atau tempat sampah yang diberi label "sampah organik".

Sampah non-organik

Sampah non-organik adalah jenis sampah yang tidak berasal dari bahan-bahan organik, seperti plastik, kertas, logam, dan lain-lain. 

Sampah ini dapat didaur ulang atau diolah menjadi bahan-bahan baru, sehingga disarankan untuk memisahkan sampah non-organik dari sampah lainnya.

Sampah non-organik bisa ditempatkan dalam wadah terpisah seperti kotak kardus atau tempat sampah yang diberi label "sampah non-organik".

Sampah berbahaya

Sampah berbahaya adalah jenis sampah yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti baterai, lampu pijar, obat-obatan, dan lain-lain.

Sampah ini tidak boleh dibuang sembarangan karena dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Disarankan untuk memisahkan sampah berbahaya dari sampah lainnya dan membuangnya ke tempat yang sesuai seperti tempat penampungan sampah berbahaya di kantor pos atau puskesmas terdekat.

Sampah elektronik

Sampah elektronik adalah jenis sampah yang berasal dari benda-benda elektronik seperti handphone, komputer, printer, dan lain-lain.

Sampah elektronik juga mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak boleh dibuang sembarangan. Disarankan untuk memisahkan sampah elektronik dari sampah lainnya dan membuangnya ke tempat yang sesuai seperti tempat penampungan sampah elektronik di pusat daur ulang terdekat.

Dengan melakukan pemisahan sampah ini maka kerja TPA yang khusus mengelola sampah Organik dan Non Organik makin baik dan sasaran yang ingin di capai juga segera terwujud.

Dengan melihat langsung  ke lokasi TPA suwung ini aku melihat sampah berbahaya, sampah elektronik sangat banyak dan belum di pisah.

Ini lah Pekerjaan Rumah kita sebagai warga, dengan adanya waktu untuk memilah sampah ini membuat tumpukan sampah lainnya yangdatang makin menggunung. kalo tak salah ketinggian sampah di TPA suwing ini lebih dari 10 meter deh

DAn satu lagi pencemaran yang terjadi adalah dari sisi Udara, Yup aroma sangat menyengat sebab sampah belum bisa di proses lebih lanjut karena menunggu di pilah

So kamu wajib pilah sampah dari rumah tangga sendiri untuk memperlancar proses selanjutnya.

Silaturahmi Astra Motor Bali 2023

Astra Motor Bali selaku main dealer sepeda motor honda di Pulau Dewata melakukan silaturahmi dengan para pekerja di kawasan suwung ini.

Hal ini juga terkait mengetahui bagaimana sih sebetulnya pengolahan sampah, sebab Sebagai perusahaan pastinya turut andil dalam menghasilkan sampah perharinya.

Dengan mengetahui proses ini maka sangat di harapkan semua berpartisipasi dalam memilah sampah mulai rumah tangga masing masing seperti yang sudah aku uraikan di atas tadi

Astra Motor Bali berbagi bagi takjil dan juga makanan untuk berbuka ke warga sekitar TPA Suwung. Selain itu juga memberikan AlQuran ke pengurus yayasan di sana

Manfaat Memilah Sampah Rumah Tangga

Supaya lebih meresap dari sisi nilai tambah dalam membagi bagi dari rumah tangga ini maka aku uraikan ala sih manfaat memilah sampah antara lain

Mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau tempat pembuangan sampah (TPS).

Dengan memilah sampah, sampah yang masih bisa didaur ulang atau diolah kembali bisa dipisahkan dari sampah yang tidak dapat didaur ulang. 

Hal ini dapat mengurangi jumlah sampah yang harus dibuang ke TPA atau TPS.

Meningkatkan efisiensi pengolahan sampah

Dengan memilah sampah sejak awal, pengolahan sampah menjadi lebih mudah dan efisien. Sampah yang dapat didaur ulang atau diolah kembali dapat langsung diproses tanpa harus disaring terlebih dahulu.

Meningkatkan kesadaran lingkungan

Memilah sampah juga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan pada masyarakat. Dengan memilah sampah, masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan memperbaharui sumber daya alam yang terbatas.

Menghasilkan produk daur ulang yang bermanfaat

Sampah yang dapat didaur ulang atau diolah kembali dapat dijadikan bahan baku untuk membuat produk baru yang bermanfaat.

Kabar menarik lain

Contohnya, kertas daur ulang dapat digunakan untuk membuat kertas baru, sedangkan botol plastik dapat dijadikan serat untuk pakaian atau tas.

Meningkatkan penghematan biaya

Dengan memilah sampah, pihak pemerintah dan swasta dapat menghemat biaya pengolahan sampah. Sampah yang dapat didaur ulang atau diolah kembali dapat langsung diolah tanpa harus membuangnya ke TPA atau TPS, sehingga biaya pengolahan sampah dapat ditekan.

Posting Komentar untuk "Semarak Silaturahmi Astra Motor Bali ke TPA Suwung"