Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Tulisan

Hello Semuanya, Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Tulisan - Hay teman pernahkah kalian disaat browsing di internet menemukan font yang menarik bahkan font tersebut membuat kalian penasaran apa sih yang digunakan? www.keneketo.com

pakai font apa

Kalau teman tahu bahwa saat ini sudah ada ratusan ribu jenis font yang mungkin teman bisa pilih. Jadi pertayaannya apaakah mungkin teman ingin menegenali font sebanyak itu? ketimbang teman dibuat penasara apa isi font tersebut mending cari saja apa jenis fontnnya.

Cara Mengetahui Jenis Font

Bagi teman yang sudah berpengalaman sebagai disain grafis tentunya sudah pasti ngerti tentang jenis font.

Jadi buat teman yang belum begitu tahu tentang apa itu font ga perlu khawatir karena di sini saya akan membagikannya info yang aku pahami, semoga bermanfaat

Apa Itu Font?

Sebelum lanjut ada baiknya kita ketahui Pengertian Font Adalah Sebuah karakter tulisan atau teks beragam bentuk maupun gaya tertentu, termasuk tebal dan tipis.

Dari wikipedia menyebutkan font berarti rupa huruf yang mempunyai gaya dan ukuran termasuk berat tertentu

Font ini sekedar info jika memiliki fungsi dan kegunaan masing masing loh, misal untuk surat menyurat resmi bisa pakai jenis Calibri atau Times New Roman

Cuman jangan buru-buru dulu teman pastiin sebelum melakukan pengecekan, font itu sudah tersedia atau belum di internet bukan dari hasil font costom sendiri.

Jenis-jenis Font

Dibagian dunia desain grafis, Font sudah dikelompokan dalam jenis yang berbeda-beda.

Supaya teman tidak menyebutkan mungkin lebih baik kalian perlu untuk mengetahui terlebih dahulu jenis font yang sudah saya rangkum ini.

  • San serif, Font yang mempunyai ciri tanpa kaki, kebalikan dari keluarga serif. misalkan Helvetica, comic sans, Verdana, Segoe Ui dan lain-lain
  • Serif, Font yang mempunyai ciri berkaki, dan kita bisa meliha pada bagian bawah sudut huruf melebar sama seperti kaki. misalkan georgia, Time New Roman dan lain sebagaimnya.
  • Script, font yang mempunyai ciri seperti tulisan tangan. misalkan segoe script, vivaldi, lucida handwriting dan lain lain.
  • Display, font yang memang digunakan untuk mendisplay/dekoratif supya kelihatan menarik. misalkan grunge, umbram, rosewood, doodle, bermuda dan lain-lain.
  • Comic, font ini mempunyai ciri khas yaitu font yang ada di komik bacaan. misalkan hey comic, kg happy, who dares?, badadoom dan lain-lain
  • Slabserif, font yang memang mempuyai ciri ngeblok tebal di setiap hurufnya. misalkan copse, biorhyme, arvo dan lain-lain.
  • Hand dawn, nah ini yang erakhir eman. font yang memang dibuat langsung dengan tulisan tangan, jadi bentuknya lebih natural. misalkan beth, amatuch, belligerent, architects dan lain-lain

bahkan selain dari yang 7 diaas eman masih ada beberapa ciri khas lagi misalkan blacklatter, stensil, pixel bahkan masih banyak lagi teman.

Bagaimana Cara Tahu Jenis Font Yang Dipergunakan

Nah kalau teman belum tahu jenis fontnya, pasitin teman sudah menyimpan font terlebih dulu.

Soalnya kita nanti melakukan identintas melalui gambar font tersebut.

Jadi tenang saja teman di sini saya sudah menyiapkan 7 cara mengetahui jenis font dengan gampang dan cepat.

Mengetahui Jenis Pakai Font Squirrel Matcherator

Agar teman tahu jenis font dari gambar teman bisa memakai squirrel, caranya nanti sama dengan yang ketiga.

Mudah saja kamu tinggal simpan gambar yang berisi font itu lalu di upload ke website font Squirrel Matcherator.

Kalau sudah font teman di analisis untuk mengetahui jenisnya, silahkan pilih matcherator It untuk menemui jenis fontnya.

Bila nanti prosesnya udah benar nanti akan muncul hasil seperti di bawah ini, jadi teman cukup memilih kira-kira yang mana paling sama di font goole.

Mengetahui Jenis Dengan Font Photoshop

Untuk cara ini teman perlu menggunakan jaringan internet, hanya membutuhkan aplikasi photoshop saja.

Caranya gampang ko pastiin teman sudah menginstall aplikasi photoshop di komputer yang teman punya.

Disini saya akan memberi contoh font dari logo gogle, simpan logo tersebut yang nanti kita gunakan mengidentifikasi melalui photoshop.

Terlebih dahulu teman silahkan membuka aplikasi photoshop,kalau udah pilih menu File > open Di file cari lokasi logo Google yang sudah teman simpa tadi.

Kemudian kalau sudah terbuka silahkan lanjut ke menu Type lalu scrool kebawah pilih Match Font maka tunggu proses hingga muncul jenis font yang akan di gunakan.

Mengetahui Jenis Pakai Font What The Font 

Cara agar mengeahui font ini teman berbeda dengan yang pertama, karena ini melalui website.

Teman hanya cukup menyiapkan gambar font saja trus upload di website WhatTheFont.

Selanjutnya gambar yang sudah teman upload akan di crop otomatis di WhatTheFont.

Nah kalau sudah font teman langsung diidenifikasi dari jenis font juga harganya.

Misalkan dari font Google iu menggunakan font dari free zone medium dengan jumlah harga sekitar US19 an.

Mengetahui Jenis Font Pakai Typography Guru

Cara mengetahui jenis font ini teman bisa mengunakan website Tyopography.guru. teman akan menerima layanan font identification service supaya bisa mendeteksi jenis font yang ingin di cari.

Lalu teman silahkan tekan pada botton Open The Link untuk meneruskannya, kalau teman membuka melalui website Tyography.guru ini elah bekerjasama dengan Fontspring.com yang nanti pembahasannya sama dengan nomor 5.

Mengetahui Jenis Font Dengan Font Spiring Matcherator

Cara ini tidak terlalu beda jauh dengan cara yang sebelumnya.

Teman langsung saja mengunjungi website Font Spring lalu pilih Matcherator. trus upload gambar font yang sudah teman siapkan sebelumnya seperti yang ada di bawah.

Maka teman boleh menunggu proses upload sampai selesai, kemudian gambar fon yang sudah di buat akan dianalisis supaya terdeteksi jenis font yang digunakan.

Lalu teman bisa memilih Matcherate it di bagian bawah lalu emui hasil fontnya.

Kemudian pilihlah yang mana paling sesuai di gambar yang sudah di upload tadi.

Mengetahui Jenis Font Bantuan Font Face Ninja

Cara yang ke enam ini untuk mengetahui jenis font dengan addon chrome.

Agar teman mengetahui cara jenis font ini teman tidak melalui website online melinkan melalui ekstension google chrome.

Teman boleh terlebih dulu mendowoad Font Ninja lalu pilih Add to chrome.

Kabar Lain

Disini eman bisa menunggunya sehingga proses font ninja berhasil di install, kalau sudah benar maka nanti akan ada ikon font ninja yang berwarna hijau dibagian pojok atas. 

Kalau sudah silahkan eman buka salah sau websie, di sini saya akan memberi conoh dengan Qwords.com lalu tekan kanan di icon face ninja terus arahkan kursor di font bawah pada website, nanti akan muncul nama font sekalian dengan ukurannya.

Cara Mengetahui Jenis Font dengan What Font is

Jadi ini cara yang terkhir teman dengan memakai WhatFontis.com

Cara pengecekannya sih masih sama teman dengan yang lain, Diawali teman harus melakukan upload gambar font di website terlebih dulu.

Jika memang sudah berhasil nanti gambar akan di crop cecara otomatis lalu silahkan memilih Next Step

Masukkanlah karakter sesuai pada gambar yang teman sudah upload, klau sudah pilih Next Step.

Bailklah teman mungkin dari beberapa font diatas teman bisa memilih mana yang lebih menarik untuk dipilih!

Kesimpulan

Font di sesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pengguna, pastikan jangan salah pilih supaya apa yang kamu sampaikan bisa di terima oleh yang membaca.

Contoh simpelnya jika sebuah hal yang resmi pakailah font dan warna yang standar yakni hitam, begitupun dengan ukuran biasanya ukuran 11 atau 12

Berbeda cerita jika kamu membuat sebuah brosur atau banner wajib kamu pakai jenis font unik serta warna yang mentereng

Cara Mudah Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Tulisan - Saya sangat berharap dengan artikel yang tak bagi ini bisa membuat teman lebih mudah dalam membuatnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Jenis Font Pada Sebuah Tulisan"