Perbedaan Ninja RR CBU Dan Ninja RR CKD

Perbedaan Ninja RR CBU Dan Ninja RR CKD, Hello Semuanya pada kesempatan kali ini aku mau berbagi info sedikit mengenai salah satu produk unggulan dari pabrikan yang berjuluk geng hijau dengan mesin 2tak satu ini. www.keneketo.com

Meskipun sekarang sudah tak ada lagi unit baru yang di jual oleh dealer tetapi keberadaan ini motor masih di incar penggemar khususnya 2 tak mania

Ninja 150RR

Sedikit gambaran buat kamu jika ini ninja 150RR adalah nama jual untuk pasar Indonesia, ninja 2 tak ini di boyong ke Indonesia mulai tahun 2002 sampai dengan akhir 2006.

Sebab setelah akhir 2006 kawasaki Indonesia sudah memproduksi ini sepeda motor dimana lebih di kenal dengan istilah CKD.

Dengan di rakit di tanah air ini ninja 2tak satu ini memperoleh ubahan yang tak banyak, namun bagi kolektor hal ini pastinya sangat berpengaruh.

Sekali lagi aku tekankan ini untuk kolektor bukan untuk balap, sebab jika untuk balap apapun motor kamu entah itu CBU, ZX maupun New sama saja bisa mencapai top speed tergantung mekanik dan pembalap.

Perbedaan Ninja 150RR Lokal dan RR CBU Atau ZX

Ok sekarang kita ke pembahasan mengenai beda kedua produk motor sport fairing kebanggaan kawasaki dengan mesin 2 tak ini.

Kita ada 3 jenis ninja 150RR yang pertama adalah RR CBU lalu ZX dan RR CKD.

Ninja ZX dan RR CBU bedanya lantaran yang mendatangkan ke Indonesia, ZX di datangkan importir umum, sedangkan RR CBU di datangkan oleh Kawasaki Indonesia

Ada juga perbedaan paling mendasar antara ZX dan RR CBU namun sangat tipis yaitu pada lanpu senja, sebab di Indonesia aturan saat itu motor yang bisa di jual baru harus memiliki lampu senja.

Jadilah KMI menambahkan lampu senja pada produk yang di jual, sedangkan oleh importir umum langsung boyong dan di jual tanpa lampu senja.

Selain itu ada beda ZX dan RR CBU pada warna velg, Ada yang putih, ada yang gold dan ada yang hitam, kombinasi warna aku kurang paham juga.

RR CBU, ZX, dan CKD kita bahas nanti secara bersamaan biar sekaligus hingga tak membingungkan.

Secara kasat mata atau tampilan sih tak beda jauh, daleman juga tak banyak berubah, so mari kita telisik lebih mendalam mulai dari luar dulu ya

Perbedaan Ninja RR CBU, ZX dan RR CKD Dari Warna dan Stiker

Sejak di perkenalkan ada 4 pilihan warna Ninja RR CBU seperti silver, biru, hijau, dan hitam saat di datangkan dari luar.

Sedangkan pilihan warna Ninja 150RR CKD atau yang di produksi di Indonesia pada akhir 2006 ada penambahan warna Orange.

Untuk Stiker ninja RR CBU adalah warna emas atau gold, dimana pada bagian fairing bertuliskan ninja dan di bagian tangki bertuliskan kawasaki, pada bagian belakang bertuliskan RR.

Untuk stiker yang di datangkan oleh importir umum dimana produk tersebut merupakan motor yang di jual di negara tetangga ada perbedaan pada stikernya yakni pada bagian fairing bertuliskan KRR dan di bagian belakang bertuliskan ZX.

Untuk Ninja 150RR CKD tulisan pada seri awal adalah kawasaki di bagian fairing sedangkan di bagian tangki bertuliskan ninja, lalu di bagian belakang ada tulisan RR, menariknya sebagai awal jika di produksi di tanah air pada tulisan RR ada nuansa merah putih.

Perbedaan Ninja RR CBU, ZX dan RR OLD Dari Kode Blok Silinder

Ini sudah paling kentara di ketahui, sebagai pemain lama atau baru sudah pasti paham jika kode blok silinder ini beda. 

Kode Blok silinder Ninja RR CBU dan ZX adalah 1878, sedangkan kode blok untuk RR CKD adalah 1855.

Namun hal ini bisa saja kamu rubah rubah, ada yang pakai PDK ataupun yang lainnya.

Yang kita bahas adalah untuk kondisi aslinya dimana bandul bagian dalam juga beda, misalnya untuk RR CBU dan ZX pakai ukuran 16 dan untuk RR CKD pakai ukuran 15.

Beda RR CBU, ZX dan RR OLD dari Posisi Nomer Rangka

Selanjutnya adalah penempatan nomer rangka pada sepeda motor, untuk seri CBU dan ZX posisi nomer rangka ada di segitiga bawah stang, sedangkan untuk ninja RR CKD posisi nomer rangka ada di bagian bawah jok.

Nomer rangka juga berbeda, untuk Nomer rangka Ninja ZX memiliki awalan KR, Nomer rangka Ninja RR CBU kode awalnya adalah JKAKR Sedangkan nomer rangka RR CKD Lokal awalan adalah MH.

Perbedaan Ninja RR OLD dengan Ninja RR CBU, ZX dari CDI

Ok selanjutnya untuk urusan kelistrikan dan performa ada CDI, kedua motor ini kamu harus teliti dam membeli sebab selisih harga beda loh dan hasilnya juga beda.

CDI ninja RR CBU dan ZX pakai kode 1605 made in Malaysia dengan warna silver, tetapi ada juga rekan aku menjumpai kode CDI 1454 dari merek denso

Kode CDI ini adalah kode dari kawasaki Serpiko, ini tenaga dan power lebih jengat.

CDI ninja RR CKD memiliki kode 1592, dari pengalaman aku pakai ini adalah limit RPM sedikit tertahan di bawah 10 rb an.

Perbedaan Ninja RR CBU, ZX dan RR OLD dari Dokumen

Nah ini pusat pembahasan jika kamu seorang kolektor, hal ini tak bisa di ganti ganti, untuk pembahasan lainnya di atas itu bisa kamu tukar pasang.

Dokumen Ninja RR CBU mulai dari STNK BPKB dan faktur keluaran kawasaki Indonesia dan negara asal dari Jepang dan Thailand.

Dokumen Ninja ZX di datangkan oleh importir umum, dengan negara asal lebih banyak Thailand dan Jepang.

RR CBU dan ZX mulai masuk Indonesia sejak 2002 sampai dengan 2006 akhir, di mana tandanya saat perhelatan di bulan november 2006 di luncurkannya kawasaki RR CKD.

Seiring perkembangan saat itu importir umum masih melakukan penjualan namun sudah berkurang, sebab harga sangat terpaut jauh.

Harga Ninja RR CBU, ZX dan RR OLD

Sedikit gambaran untuk harga jual motor saat itu unit CBU dan ZX sangatlah tinggi di kelasnya, untuk Bali sendiri berdasarkan pengamatan aku di banderol sekitar Rp 30 jt an.

Sedangkan dengan hardirnya RR CKD harga bisa di tekan sampai ke Rp 27 jt an. di awal awal, namun setelah adanya beberapa penyegaran baik seri limited dan new RR harga juga merangkak naik menjadi Rp 30 jt an.

Kesimpulan

Sebenarnya untuk urusan tampilan tak beda jauh, termasuk mesin identic banget, sekali lagi ini adalah untuk kamu yang koleksi.

Bedakan dengan kamu yang ingin balap, jika mau balap saran aku beli bahan bebas ga harus ZX atau CBU kok, yang penting kan hasil akhirnya pertama lewat finish.

Namun untuk yang mau koleksi atau butuh nilai lebih tentu produk CBU yang di cari, meskipun sama tetapi dokumen pendukung menjadikan nilainya makin meningkat.

CDI, Kode Blok Silinder, itu bisa di gonta ganti tetapi dokumen penyerta STNK, BPKB dan Faktur itu yang membuat nilai tambah.

Perbedaan Ninja RR CBU Dan Ninja RR CKD - Sekian sedikit pengalaman pribadi sebagai cupu di dua tak, untuk para suhu mohon petunjuk jika ada yang kurang. salam satu asap dari Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar